PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH ISLAM TERPADU: INTEGRASI PRAKTIK, REPETISI DAN NILAI ISLAMI

Authors

  • Nurani Kurniasih Prajitno SMPIT Harapan Bunda Manado

Keywords:

pembelajaran bahasa inggris, metode repetisi, nilai keislaman, audio-lingual, Sekolah Islam terpadu

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah Islam terpadu memiliki karakteristik tersendiri karena peserta didik terbiasa menggunakan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Kondisi ini menuntut guru untuk merancang suasana belajar yang menyenangkan tanpa mengabaikan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran bahasa Inggris yang memadukan pendekatan praktik (communicative learning), metode repetisi (audio-lingual method), dan nilai-nilai Islam dalam kegiatan belajar di kelas.Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif reflektif berdasarkan pengalaman mengajar guru di SMAIT Harapan Bunda Manado. Data diperoleh melalui observasi kegiatan belajar, catatan reflektif guru, serta wawancara dengan siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan latihan mendengar–menirukan, permainan bahasa interaktif, dan kegiatan bernuansa spiritual mampu meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, serta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Integrasi antara pendekatan praktik dan nilai keislaman membentuk pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, dan berorientasi pada pembentukan karakter.

Cover Journal of Management, Administration, Education, and Religious Affairs

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN DI SEKOLAH ISLAM TERPADU: INTEGRASI PRAKTIK, REPETISI DAN NILAI ISLAMI. (2025). Transformasi, 8(2), 37-51. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/344