EVALUASI PROGRAM PELATIHAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MADRASAH : STUDI MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK
Keywords:
evaluasi, Kirkpatrick, multimedia pembelajaranAbstract
Dalam penyelenggaraan pelatihan sebagai upaya pengembangan kompetensi sumber daya manusia, maka salah satu aspek yang penting adalah evaluasi. Dalam pelaksanaannya, salah satu evaluasi yang dapat dipakai adalah evaluasi menggunakan model Kirkpatrick. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan program pelatihan multimedia pembelajaran bagi guru di wilayah kerja Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Maluku Utara pada Tahun 2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yaitu studi dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa program pelatihan multimedia pembelajaran telah berjalan dengan baik pada Level 1 yaitu reaksi yang ditunjukkan dengan nilai kepuasan peserta terhadap narasumber sebesar 98.21 (sangat baik) dan nilai kepuasan terhadap penyelenggara sebesar 98.47 (sangat baik). Selanjutnya, hasil evaluasi pada Level 2 yaitu pembelajaran yang menunjukkan seluruh peserta dinyatakan kompeten setelah mengikuti pelatihan dengan rincian 12 peserta sangat kompeten, 16 peserta kompeten dan 2 peserta cukup kompeten. Namun Demikian, Evaluasi pelatihan tersebut, masih terbatas sampai Level 1 dan 2, maka diharapkan adanya penelitian lanjutan yang dilakukan sampai pada Tahap 3 dan 4 agar dapat memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap program pelatihan yang telah dijalankan. Dengan demikian, penelitian tersebut diharapkan mampu menambah referensi serta berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan program pelatihan dalam upaya membentuk sumber daya manusia yang kompeten pada bidang tugasnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 transformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



