KEPEMIMPINAN BIROKRASI PEMERINTAH KOTA MANADO
Kata Kunci:
Kepemimpinan, Birokrasi, Pelayanan, PublikAbstrak
Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang baik, sehingga membutuhkan seorang pemimpin birokrasi. Kepemimpinan tersebut diarahkan pada peningkatan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian untuk menganalisis kepemimpinan birokrasi yang berorientasi pelayanan publik pada Pemerintah Kota Manado. Metode penelitian: kualitatif dengan informan tokoh masyarakat, pejabat struktural dan masyarakat Kota Manado. Teknik analisis data dengan langkah-langkah pengumpulan data, analisis data, membuat kategori data dan menyimpulkan berdasarkan data penelitian. Temuan penelitian: 1) Kepemimpinan birokrasi tidak lepas dari kepemimpinan perubahan, di mana Kemampuan pimpinan untuk membuat inovasi-inovasi, seperti: sosialisasi penanaman nilai-nilai kepemimpinan adalah keteladanan, kunjungan kerja untuk peningkatan ekonomi daerah, pelaksanaan program pariwisata berupa Manado Fiesta yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado. 2) Ciri-ciri kepemimpinan birokrasi dapat di bagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu: a) responsivitas secara umum baik karena mampu merespon kebutuhan masyarakat kota Manado (jaminan kesehatan dan lansia); b) Responsibilitas (Responsibility) secara umum baik karena kebijakan-kebijakan publik dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado (pariwisata dan peningkatan kualitas fasilitas umum); c) akuntabilitas secara umum baik indikasinya Pemerintah Kota Manado pada tahun 2018 mendapatkan kinerja terbaik ke dua sedangkan tahun 2019 mendapatkan kinerja terbaik pertama. Kesimpulan: kepemimpinan birokrasi dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan birokrasi di Kota Manado.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 transformasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.