IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kata Kunci:
pendekatan saintifik, pembelajaran pendidikan agama IslamAbstrak
Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan bagian penting dalam membentuk karakteristik anak, untuk itu dibutuhkan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran, salah satunya yaitu pendekatan saintifik. Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian yaitu: 1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dirancang oleh guru agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukuman atau prinsip melalui tahap-tahapan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran; 2) Langkah-langkah pembelajaran saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu: mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisa data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikannya. Contohnya pengamatan huruf hijaiyah dan makhrajnya, selanjutnya membuka pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan, merumuskan berupa merangka huruf hijaiyah tersebut ke dalam beberapa potongan ayat, membuat kesimpulan berupa potongan-potongan ayat tersebut yang siap untuk dikomunikasikan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 transformasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.