IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI BERBASIS TUTOR SEBAYA MATA PELATIHAN PENGENALAN MANAJEMEN KINERJA PADA ORIENTASI PPPK DI BDK MANADO
Kata Kunci:
Metode, Pembelajaran, Diskusi , Tutor SebayaAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran peserta pelatihan PPPK di Balai Diklat Keagamaan Manado perlu adanya pelibatan peserta selama pembelajaran, salah satunya menggunakan metode pembelajaran diskusi berbasis tutor sebaya. Tujuan penelitian: untuk menganalisis implementasi metode pembelajaran diskusi berbasis tutor sebaya mata pelatihan pengenalan manajemen kinerja pada peserta pelatihan PPPK di Balai Diklat Keagamaan Manado. Metode penelitian deskriptif yaitu menguraikan implementasi metode pembelajaran diskusi berbasis tutor sebaya, jumlah peserta 30 orang, pengumpulan data menggunakan kuesioner, serta menggunakan analisis data dengan kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi kuesioner yaitu dominan pada kategori baik sekali, indikasinya para peserta pelatihan bersemangat selama pembelajaran, peserta sangat aktif selama pelaksanaan diskusi, serta pelaksanaan tutor sebaya yang dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran. Kesimpulan: implementasi metode pembelajaran tutor sebaya memberikan kontribusi yang positif terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelatihan pengenalan manajemen kinerja pada peserta PPPK di Balai Diklat Keagamaan Manado. Saran: perlu mempertahankan metode diskusi berbasis tutor sebaya dan memperhatikan komposisi masing-masing kelompok.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 transformasi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



