SELF-CONFIDENCE, SELF-EFFICACY AND SPEAKING ABILITY IN SUPPORT OF SUCCESSFUL ENGLISH LANGUAGE LEARNING

Authors

  • Zulkarnain Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Pagutan Mataram NTB, Indonesia
  • Bidarita Widiati Sekolah Tinggi Ilmu Tekhnik Lingkungan Mataram, Indonesia

Keywords:

Kepercayaan Diri Siswa, Efikasi Diri, Kemampuan Berbicara

Abstract

Kajian tentang kepercayaan diri, efikasi diri merupakan hal yang sangat penting untuk diteliti kembali, karena berkaitan dengan pengaruhnya yang signifikan dalam pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara kepercayaan diri siswa, efikasi diri dan kemampuan berbicara mereka pada siswa kelas dua SMA Darul Falah Mataram dan bagaimana ketiga hal tersebut dapat menunjang keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain korelasi dan analisis regresi. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan angket dan dokumentasi sebagai alat penelitian untuk mengumpulkan data siswa. Ada dua angket yang peneliti gunakan dalam desain korelasi, yaitu angket kepercayaan diri dan efikasi diri, sedangkan untuk nilai berbicara siswa diambil dari dokumen guru Bahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasi yang kuat, jadi hipotesis alternatif menyatakaan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti terdapat hubungan antara kepercayaan diri siswa, efikasi diri dan kemampuan berbicara mereka. (2) Ketiga variabel yang diteliti, yaitu self-confidence, self- efficacy, dan kemampuan berbicara, Bersama sama memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap hasil pembelajaran bahasa inggris. Temuan ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi orang guru dalam melakukan desain pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana belajar yang efektif yang didasarkan pada pembelajaran yang terpusat kepada siswa atau peserta didik.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

SELF-CONFIDENCE, SELF-EFFICACY AND SPEAKING ABILITY IN SUPPORT OF SUCCESSFUL ENGLISH LANGUAGE LEARNING. (2023). Transformasi, 5(1), 203-222. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/292