KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BILALANG

Authors

  • Fadhlan Saini IAIN Manado

Keywords:

Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Sekolah Efektif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang kemampuan manajemen kepala sekolah, yang merupakan komponen penting dan strategis dalam peningkatan kualitas dan kemajuan sekolah yang mereka pimpin. Kepala sekolah yang memiliki kemampuan manajemen diharapkan dapat mengelola sekolah mereka dengan baik..

Studi ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif di SDN 3 Bilalang. Wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah metode pengumpulan data. Peneliti menggunakan diri mereka sendiri sebagai instrumen utama penelitian mereka, dan mereka membantu dalam pengumpulan data dengan alat seperti alat perekam, pena, dan buku catatan. Kepala sekolah, kepala administrasi, kepala tata usaha, dan guru adalah informan penelitian ini. Dalam penelitian, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian, dan verifikasi digunakan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah memiliki kemampuan manajemen untuk membuat perencanaan sekolah yang efektif yang disesuaikan dengan lingkungan sekolah dan terdiri dari visi dan misi sekolah serta program sekolah untuk mewujudkan sekolah yang efektif; (2) Kepala sekolah terus mengembangkan organisasi sekolah untuk memenuhi program dan kebutuhan sekolah; dan (3) kepemimpinan sekolah memiliki kemampuan untuk mengembangkan program dan kebutuhan sekolah.

 

Published

2024-06-29

How to Cite

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BILALANG. (2024). Transformasi, 6(1), 1-18. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/300