IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DAN PEMBINAAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH MANADO
Keywords:
Moderasi Beragama. Pembinaan Karakter, SMA MuhammadiyahAbstract
Riset ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan tantangan implementasi moderasi beragama dan pembinaan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Manado, dengan penekanan pada peran pengajian, pelatihan guru, serta keterbukaan sekolah terhadap siswa non muslim. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil riset menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Manado secara konsisten mendukung pengembangan moderasi beragama melalui pengajian rutin yang melibatkan seluruh elemen sekolah, termasuk guru, staf, dan siswa. Selain itu, sekolah memberikan perhatian khusus terhadap perilaku guru sebagai teladan bagi siswa, serta mengizinkan partisipasi dalam pelatihan eksternal guna meningkatkan kompetensi profesional mereka. Temuan lain menunjukkan bahwa meskipun sekolah terbuka terhadap siswa nonmuslim, tantangan dalam pembinaan karakter dan moderasi beragama masih ada, terutama dalam hal karakter siswa yang belum sejalan dengan nilainilai yang diajarkan. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik dalam pembinaan karakter dan moderasi beragama di lingkungan pendidikan. Dukungan institusi terhadap guru dan keterbukaan terhadap berbagai latar belakang siswa perlu ditingkatkan lebih lanjut untuk memperkuat pengajaran nilai-nilai inklusif dan moderat di sekolah.
References
Achmad, Z., Rahmat, M., & Kosasih, A. (2023). Religious Moderation of Islamic Religious Education Teacher in Pekanbaru City Against Minority of Islamic Mazhab. AL- ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2518–2533.
Adha, M., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter islam dalam pembelajaran pendidikan agama islam masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917–924. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2008
Agustin, D., Tafonao, T., Simanjuntak, M., Visnhu, A., Sinukaban, E., Zalogo, W., & Gulo,
Y. (2023). Pembinaan nilai-nilai karakter dan etika melalui pendidikan agama kristen untuk membina akhlak siswa smp negeri 28 batam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1461
Ahmad, F. (2023). No Title. Didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 125. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5276
Aini, H. (2023). Peran kampus sebagai wadah pencetak generasi moderasi beragama. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(02), 95–103. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i02.10056
Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Smart (Studi Masyarakat Religi Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849
Ali, M. (2023). Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 50–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122
Asyhar, T. (2023). Implementasi moderasi beragama melalui pendekatan kognitif berbasis karakter. Jurnal Bimas Islam, 16(1), 241–276. https://doi.org/10.37302/jbi.v16i1.1007
Atieka, T., & Budiana, I. (2019). Peran pendidikan karakter dan kreativitas siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Madani Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Humaniora, 2(2), 331–341. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76
Burhanuddin, A., Syarifah, N., & Adila, A. C. (2023). CULTIVATION OF LEADERSHIP VALUES AND RELIGIOUS MODERATION IN THE MUHAMMADIYAH STUDENT ASSOCIATION SMK MUHAMMADIYAH BLIGO. Annual
International Conference on Islamic Education for Students, 2(1), 464–473.
Fauziah, R., Montessori, M., Miaz, Y., & Hidayati, A. (2021). Pembinaan karakter siswa berdasarkan kurikulum 2013 sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6357–6366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1727
Fihrisi, F., Alliandra, K. P., Septiviana, F. I., Ainiyah, U. Z., Nuqia, K., Ferli, D. E., Wulansari, E. T., & Qonitatin, U. (2023). Menangani Ekstrimisme Dan Membina Moderasi Beragama Di Sekolah: Praktik Terbaik Dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 142–154.
Hasyim, F. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Dan Intoleransi Pelajar Di Karesidenan Surakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(1), 1.
https://doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2141
Husna, H. (2022). Moderasi beragama perspektif al-quran sebagai solusi terhadap sikap intoleransi. Al-Mutsla, 4(1), 41–53. https://doi.org/10.46870/jstain.v4i1.202
Ikhwan, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Di Indonesia. Realita Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21(1), 1–15. https://doi.org/10.30762/realita.v21i1.148
Jannah, A., Setiyowati, A., Lathif, K., Devi, N., & Akhmad, F. (2021). Model layanan pendidikan inklusif di indonesia. Anwarul, 1(1), 121–136. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.51
Kamseno, S., Puteri, S., & Naupal, N. (2022). Problem paradox of tolerance dalam program pengarusutamaan moderasi beragama, satu perspektif filsafat. Jurnal Bimas Islam, 15(2), 273–302. https://doi.org/10.37302/jbi.v15i2.709
Lamak, Y. (2023). Peran katekis dalam mengembankan moderasi beragama di lingkungan sekolah. InTheos, 3(7), 144–149. https://doi.org/10.56393/intheos.v3i7.1870
Latifah, E. (2023). Peran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter siswa.
Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis program pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (ppk) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912
Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 379–392.
Mbeo, E. (2021). Pembinaan guru pendidikan agama kristen dalam pendidikan karakter peserta didik di sekolah. Didache Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 17–29. https://doi.org/10.55076/didache.v3i1.46
Mo’tasim, M. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Materi Bimbingan Dan Konseling Dalam Proses Pendidikan Agama Islam. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 363–368. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.16
Mujizatullah, M. (2020). Pendidikan moderasi beragama peserta didik madrasah aliyah muhammadiyah isimu kabupaten gorontalo. Educandum, 6(1), 48–61. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i1.325
Murtadlo, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Harmoni, Memajukan Negeri. https://doi.org/10.31219/osf.io/3mr5s
Musyrifin, I., Fawwaz, M., Maesaroh, I., & Jubba, H. (2022). Upaya perwujudan moderasi beragama di kalangan siswa melalui buku teks. Al-Mutharahah Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(2), 315–332. https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v19i2.545
Muthia, A. (2024). Website kemenag.co.id sebagai strategi komunikasi publik dalam menyebarluaskan program moderasi beragama. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(2), 354–360. https://doi.org/10.54082/jupin.302
Nafilah, A. K. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Di MAN 1 Pamekasan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8005
Pora, S. T. (2023). Strategi Pengembangan Toleransi Beragama Di SMK Negeri 1 Tanatoraja. Educandum, 9(1), 95–104. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i1.1057
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Pratama, L., & Lestari, W. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, Dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051
Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
Putri, S., & Budiman, A. (2022). Penguatan moderasi beragama melalui implementasi pendidikan multikultural pada pendidikan sekolah dasar. Ikhtisar Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2), 241. https://doi.org/10.55062//ijpi.2022.v2i2.131
Rahmadi, R. (2023). Tafsir Ayat Wasathiyyah Dalam Al-Qur`an Dan Implikasinya Dalam Konteks Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 22(1), 1–16. https://doi.org/10.18592/jiiu.v22i1.8572
Rahman, M., Romelah, R., & Nurhakim, M. (2024). Muhammadiyah dan Islam Wasathyah: Kajian tentang Agency Moderasi beragama melalui Sekolah Muhammadiyah. Journal on Education, 6(2), 12612–12617.
Raikhan. (2023). Penguatan Moderasi Beragama: Revitalisasi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan
Masyarakat (Jp2m), 4(3), 629–643. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20917
Ridwan, M. (2021). Jalan Baru Gerakan Moderasi Islam Di Indonesia;Reagensi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Sebagai Basis Gerakan Moderasi. Maarif, 16(1), 60–
https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.134
Riyadi, S., Azis, A. A., Lahiya, A., & Bashori, B. (2023). Implementation of the Leadership Management Process of Islamic Educational Institutions in Internalizing Religious Moderation in Indonesia. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 296– 304.
Rochman, A. (2023). Problematika dan solusi dalam moderasi beragama. Rayah Al-Islam, 7(3), 1382–1391. https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.845
Rofik, M. N., & Misbah, M. (2021). Implementasi Program Moderasi Beragama Yang Dicanangkan Oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Di Lingkungan Sekolah. Lectura Jurnal Pendidikan, 12(2), 230–245. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i2.7611
Sa’idy, S., & Verawati, H. (2022). Eksistensi Penyuluh Agama Dalam Meningkatkan Moderasi Agama. Tafahus Jurnal Pengkajian Islam, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.14
Saepudin, A., Supriyadi, T., Surana, D., & Asikin, I. (2023). Strengthening Character Education: An Action Research in Forming Religious Moderation in Islamic Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(12), 84–105.
Sarawati, T. (2021). The urgency of islamic universities in building student character based on religious moderation in the digital age. Jurnal Sejati, 1(1), 52–75. https://doi.org/10.24235/sejati.v1i1.7
Suryadi, I. (2023). Dampak pendidikan inklusif terhadap partisipasi dan prestasi siswa dengan kebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 517–527. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.597
Syahrani, S. (2018). Manajemen Kelas yang Humanis. Al-Risalah, 14(1), 57–74.
Tafonao, T., & Zega, Y. (2022). Gereja menghadapi fenomena transnasionalisme: sebuah tawaran konstruksi pendidikan kristiani bagi remaja yang berbasis pada pelestarian budaya lokal. Kurios, 8(2). https://doi.org/10.30995/kur.v8i2.558
Umar, M. I. A., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
Umar, M., Ismail, F., Rahmi, S., & Arifin, Z. (2024). Transforming of Moderate Character Education in Islamic Educational Institutions. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 171–188.
Yahya, S. (2020). Slogan “torang samua ciptaan tuhan” dalam konteks moderasi beragama di kota manado. Dialog, 43(1), 1–22. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.361
Yasin, A. (2024). Strategi pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan pluralisme agama di masyarakat multikultural. Aksiologi Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 transformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.