ANALISIS KONTEN BERITA MODERASI BERAGAMA PADA WEBSITE BDK MANADO: REFLEKSI PENDIDIKAN MODERASI DAN PENGUATAN TOLERANSI
Keywords:
BDK Manado , Konten Berita, Moderasi Beragama, ToleransiAbstract
Pendidikan moderasi beragama menjadi sangat penting di masyarakat Indonesia yang beragam untuk mempertahankan kerukunan dan toleransi. Website Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Agama (BDK) Manado berfungsi sebagai sumber informasi dan sarana untuk menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama di daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya. Penelitian bertujuan untuk menganalisis konten website, tema utama, dan framing berita di website BDK Manado mengenai informasi moderasi beragama dan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi. Hasil analisis menunjukkan bahwa website BDK Manado secara konsisten menyajikan informasi tentang toleransi, pelatihan penguatan moderasi bagi ASN dan pendidik, dan upaya berkolaborasi dengan masyarakat untuk mempertahankan keberagaman pesan. Hal penelitian konten website menunjukkan bahwa BDK Manado tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pelatihan, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup berdampingan secara damai. Studi ini menemukan bahwa liputan berita tentang moderasi beragama di BDK Manado membantu memperkuat pendidikan moderasi di tingkat lokal dan mendukung agenda nasional Kementerian Agama untuk menanamkan nilai moderasi di seluruh lapisan masyarakat.
References
Ahmadi, A., Ajahari, A., & Aliyah, M. (2024). Moderasi Beragama di Pesantren: Manajemen, Wawasan, Sikap, dan Internalisasi Nilai. K-Media. books.google.com
Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., Nazib, F. M., & Fatonah, N. (2024). Bahan ajar moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi. Cahaya Smart Nusantara.
Alamsyah, F. (2023). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BPSDM PROVINSI SULAWESI TENGGARA. IPDN. eprints.ipdn.ac.id
Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Smart (Studi Masyarakat Religi Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849
Ali, M. (2023). Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 50–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122
Aminah, S., & Muyassaroh, S. (2024). Analisis Konten Tiktok War Takjil Ramadhan dalam menumbuhkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(1), 11.
Amrullah, M. (2021). Konstruksi konten islam moderat pada media online Nahdlatul Wathan: analisis isi media suara Rinjani News dan NW Online. UIN Mataram.
Anwar, A., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama abad 21 melalui media sosial. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.795
As’ad, A., Fridiyanto, F., & Husnul, A. (2022). Membangun Sumber Daya Manusia Moderat Peran Perguruan Tinggi Islam dalam Pengarusutamaan Multikulturalisme dan Moderasi Beragama. https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/140/
Assayuthi, J. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 240–254.
Auliani, S. N., Zakiah, A. N., Hasyati, F., Nathan, M., & Fadhil, A. (2025). Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Moderasi Beragama: Relevansinya Dalam Menghadapi Radikalisme di Indonesia. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 188–205.
Auliyah, R., & Aziz, I. N. (2025). Dari Mimbar Ke Masyarakat: Peran Tokoh Agama Desa Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 2427–2433.
Aziz, A. A., Masykhur, A., Anam, A. K., Muhtarom, A., Masudi, I., & Duryat, M. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.
Chusniyatin, V. M., & Novitasari, R. H. (2024). Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Era Society 5.0. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 602–611.
Darmayanti, D., & Maudin, M. (2021). Pentingnya Pemahaman Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Generasi Milenial. Syattar, 2(1), 40–51.
Davies, L. (2018). Review of educational initiatives in counter-extremism internationally: What works? https://gupea.ub.gu.se/bitstream/handle/2077/66726/gupea_2077_66726_1.pdf?sequence=1
Dwiyani, A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural di Sekolah. Darajat Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i1.1586
Elvinaro, Q., & Syarif, D. (2021). Generasi Milenial dan Moderasi Beragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 195–218.
Entman, R. M. (1993). Framing: Toward clarification of a fractured paradigm. Journal of Communication, 43(4), 51–58.
Faizin, N., Mustofa, B., & Rosyidah, I. (2021). Menguatkan Ketahanan dan Kohesi Sosial dalam Upaya Mencegah Intoleransi dan Radikalisme di Masyarakat melalui Program Desa Damai Wahid Foundation di Malang Raya. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 28(1), 177–186. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tasyri.v28i1.770
Fauziah, N. (2025). Strategi Komunikasi Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama di Indonesia: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 1377–1384.
Febriana, F. (2024). Youtube Sebagai Media Dakwah Pada Akun Adi Hidayat Official. IAIN Parepare. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7238/
Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 121–141.
Hadirman, H., Ardianto, A., Bolotio, R., Salim, A., Musafar, M., & Hardin, H. (2024). Construction of Openness in the Context of Muhammadiyah Education: A Cultural Study Perspective. International Journal of Business, Law, and Education, 5(1), 1131–1138. https://doi.org/https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.516
Hadirman, H., Igisani, R., Musafar, M., & Talibo, I. (2022). PKM Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bermuatan Moderasi Beragama dan Pendidikan Karakter Pada Guru-Guru MIN 1 Minahasa Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23–36.
Hadirman, M. (2025). Peran Majelis Taklim dalam Memperkuat Moderasi Beragama bagi Masyarakat Desa Sea Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Seulanga: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan.
Haitomi, F., Sari, M., & Isamuddin, N. F. A. B. N. (2022). Moderasi Beragama dalam Perspektif Kementerian Agama Republik Indonesia: Konsep dan Implementasi. Al-Wasatiyah: Journal of Religious Moderation, 1(1), 66–83.
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama Di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi Untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191
Hayati, N. E. R. (2022). Konsep dan implementasi moderasi beragama dalam meningkatkan sikap sosio religius dan toleransi beragama di Universitas Merdeka Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Huda, F. D., Kusumastuti, E., Putra, B. F. T., Ahmad, F. E., Muhammad, M., & Dewantoko,
A. P. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam di Lingkup Lingkungan Perkuliahan dalam Memperkuat Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.643
Hutagalung, L. R. P., Hutasoit, P., Silitonga, M., Silalahi, P., & Simanjuntak, W. (2025). Analisis Filsafat Agama Kristen Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Jurnal Christian Humaniora, 9(1).
Iqbal, M., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172–183.
Iqbal, M. M. (2014). Pendidikan Multikultural Interreligius: Upaya Menyemai Perdamaian dalam Heterogenitas Agama Perspektif Indonesia. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 89–98.
Irama, Y., & Zamzami, M. (2021). Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(1), 65–89.
Lederach, J. P. (1997). Building peace: Sustainable reconciliation in divided societies. (No Title). https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282269718570880
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03
Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 379–392. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2089
Lubis, S. K. (2023). Implementasi pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap moderasi beragama siswa di SD IT Al Munadi Medan Marelan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 373–390.
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi beragama di era digital: Tantangan dan peluang. Journal of Islamic Communication Studies, 2(1), 1–11.
Mukhibat, M., Effendi, M., Setyawan, W. H., & Sutoyo, M. (2024). Development and evaluation of religious moderation education curriculum at higher education in Indonesia. Cogent Education, 11(1), 2302308. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2302308
Munif, M., Qomar, M., & AZIZ, A. B. D. (2023). Kebijakan Moderasi Beragama di Indonesia. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 417–430.
Musyafak, N., Munawar, I., Khasanah, N. L., & Putri, F. A. (2021). Dissimilarity implementasi konsep moderasi beragama di perguruan tinggi keagamaan islam. Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII, 1(1), 453–464.
Neumann, K., & Baugut, P. (2023). All Radicalization Is Local: Media Influence on Local Islamist Radicalization Processes in Five German and Austrian Hotspots. International Journal of Communication, 17, 21. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/21234
Novia, W., & Wasehudin, W. (2020). Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 99–106.
Oktaviana, R. (2021). Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Peran Penyuluh Agama dalam Mencegah Penyebaran Radikalisme di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif …. repository.uinjkt.ac.id
Penyusun, T. (2019). Moderasi beragama. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI. balitbangdiklat.kemenag.go.id
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569
Rahmah, F. L., Handayani, R., Hutasuhut, E. F., & Romandiah, R. (2024). Navigasi Spiritual di Era Digital: Analisis Konten Cyberreligion dalam Media Sosial. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 6(2), 177–192. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Tadbir/article/view/14300
Rahman, M. T., Bustomi, J., & Waehama, M. R. (2024). Multikulturalisme, moderasi beragama, dan tantangan identitas di Thailand Selatan. Gunung Djati Publishing.
Rahman, M. T., Haryanti, E., & Ziaulhaq, M. (2021). Moderasi Beragama Penyuluh Perempuan: Konsep dan Implementasi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ri, T. P. K. A. (2019). Moderasi beragama. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.
Ridlwan, M., Yamin, A., Aziz, M., Amrullah, M. A., Ahmada, R. M., & Khotijah, Y. S. (2023). Respons Islam atas Moderasi Beragama dan Multikulturalisme. Academia Publication.
Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru Pai dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Lp2m Press Iain Salatiga. books.google.com
Sazali, H., & Mustafa, A. (2023). New Media dan Penguatan Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 17(2), 167–184.
Schmid, A. (2011). The Routledge handbook of terrorism research. Taylor & Francis. books.google.comSeptiyawati, A., Rofiyana, R., Septiyani, D. A., & Surur, A. T. (2025). Peran Media Sosial Dalam Mensosialisasikan Nilai Moderasi Beragama: Studi Analisis Platform Tiktok. JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 2(2), 535–547.
https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3869
Sholihul Huda, S. H. I., & Fil, M. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah (Pola Baru Dakwah Era Disrupsi). Samudra Biru.
Simanjuntak, F. (2023). Peran Guru Agama Kristen Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama Di Dki Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 124–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.17641
Suharto, B. (2021). Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. Lkis Pelangi Aksara. books.google.com
Taufik, T., Rajafi, A., Lasido, N. A., Ilmudinulloh, R. I., & Ilham, A. (2024). Penguatan Literasi Moderasi Beragama Bagi Guru Agama Sekolah Dasar Di Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua Kota Manado (Pendekatan Participatory Action Research). NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 14–24.
Taufiq, F., & Alkholid, A. M. (2021). Peran Kementerian Agama dalam mempromosikan moderasi beragama di era digital. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2).
Umam, F., & Koestanto, R. R. D. (2024). Konsep Dan Implementasi Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(2), 240–251. https://doi.org/https://doi.org/10.38073/aijis.v1i2.1555
Wibowo, R. W., & Nurjanah, A. S. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 55–62.
Yunus, Y., & Mukoyyaroh, M. (2022). Pluralitas dalam menjaga toleransi di Tana Toraja. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 49–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i1.2488
Yusuf, M., & Mutiara, D. (2022). Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama. Dialog, 45(1), 127–137. https://doi.org/10.47655/dialog.v45i1.535
Zuhri, A. M. (2021). Beragama di ruang digital; Konfigurasi ideologi dan ekspresi keberagamaan masyarakat virtual. Nawa Litera Publishing.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 transformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.