EVALUASI PEMANFAATAN SIMDIKLAT DALAM MENGELOLA ADMINISTRASI PELATIHAN DIBALAI DIKLAT KEAGAMAAN MANADO
Keywords:
SIMDIKLAT, Evaluasi, Pelatihan, Balai Diklat, CIPPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (SIMDIKLAT) dalam mengelola administrasi pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Manado. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMDIKLAT telah membantu meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi pelatihan, meskipun masih terdapat kendala dalam hal pemanfaatan fitur secara optimal serta keterbatasan SDM dalam pengoperasian sistem. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada model CIPP (Context, Input, Process, Product). Berdasarkan hasil evaluasi, SIMDIKLAT dinilai sangat efektif, namun perlu peningkatan pada aspek pelatihan pengguna dan pengembangan fitur sistem, khususnya pada fitur sertifikat online, instrument penilaian oleh peserta dan pelaporan nilai khususnya oleh widyaiswara dan panitia.
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2008). Pedoman Evaluasi Program. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Indrajit, R. E. (2006). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
McLeod, R., & Schell, G. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, K., & Ramdhani, M. A. (2004). Sistem Informasi Manajemen untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widodo, S. (2015). “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Diklat dalam Meningkatkan Efektivitas Administrasi Pelatihan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(4), 502–510.
Yuniarti, N. (2020). “Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Efektivitas Administrasi Pendidikan.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 145–156.
Fitriyani, N., & Gunawan, A. (2022). Evaluasi sistem informasi akademik menggunakan model CIPP dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 34–42. https://doi.org/10.21009/jmp.v14i1.27652
Suhartono, S., & Nurhayati, N. (2021). Analisis efektivitas implementasi sistem informasi manajemen pelatihan berbasis web. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 9(3), 211–219. https://doi.org/10.33365/jtsi.v9i3.512
Ramadhan, R., & Sari, D. M. (2023). Transformasi digital di lembaga pemerintahan melalui penguatan sistem informasi manajemen. Jurnal Administrasi Publik Digital, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24843/japd.v5i1.6789
Siregar, A. L., & Yuliana, N. (2022). Pengaruh kompetensi SDM terhadap keberhasilan implementasi SIM di lembaga pendidikan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 10(2), 98–108.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 transformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.