IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PELATIHAN ASESMEN PEMBELAJARANKURIKULUM MERDEKA : STUDI KASUSDI KABUPATEN BANGGAI
Keywords:
Blended, learning, pelatihan, asesmen, pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian program Blended learning pelatihan asesmen Kurikulum Merdeka bagi guru-guru madrasah di Kabupaten Banggai yang berjumlah 30 orang adalah untuk menganalisis implementasi blended learning pada pelatihan asesmen pembelajaran bagi guru madrasah di Kabupaten Banggai dilihat dari aspek penilaian kemampuan widyaiswara dalam menggunakan metode mengajar, pelayanan panitia selama pelaksanaan pelatihan dan hasil belajar peserta pelatihan setelah mengikuti pembelajaran. Metode penelitian yaitu kuantitatif deskriptif menggunakan chi-kuadrat untuk melihat signifikan dari penilaian widyaiswara, panitia dan peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian peserta terhadap metode mengajar widyaiswara dengan rata-rata 89,5, pelayanan panitia pelaksana dengan nilai rata-rata 90,6 dan Penilaian hasil belajar peserta dengan rata-rata 88,6. Kesimpulan: bahwa pelaksanaan Blended learning pada pelatihan asesmen pembelajaran guru madrasah berhasil dengan kategori baik. Dengan demikian, model Blended learning dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi pelaksanaanya di masa yang akan datang.
References
Aeni, M., Rukayah, & Yulianti, R. Blended learning: Konsep, Implementasi, dan Evaluasi. Bandung: Pustaka Pelajar, 2007
Bernadetha Nadeak. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. Jakarta: UKI Press, 2019
Dede, C. Technological supports for acquiring 21st century skills. In J. Bellanca & R. Brandt (Eds.), 21st Century Skills: Rethinking how students learn (pp. 51–76). Bloomington, IN: Solution Tree Press, 2010
Dyah Puspita Rini, 2022, Blended learning sebagai model pembelajaran Abad 21. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 7 (1) Januari 2022
Heronika Wahyu Maninggar, dkk, Efektivitas pelaksanaan model pelatihan Blended learning pada pelatihan Kepemimpinan Aparatur Sipil Negara, Studi pada penyelenggaraan pelatihan Kepemimpinan di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 6 (6) Tahun 2022
I Ketut Widiara. Blended Learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital, Purwadita, Vol. 2 (2) September 2018
Kay, R. H.. Framework for 21st Century Education. Retrieved from https://www.battelleforkids.org/networks/p21 2010
Magfirah Safaruddin, 2024, Evaluasi Implementasi Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) di Balai Diklat Keagamaan Manado, Jurnal Transformasi, Vol. 2 (2) 2024
Mardia dkk. Pelatihan dan Pengembangan SDM. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2023
Siti Istiningsih dan Hasbullah, 2015, Blended learning, trend strategi pembelajaran masa depan, Jurnal Elemen, Vol. 1 (1) Januari 2015
Thorne, K. Blended learning: How to integrate online and traditional learning. Kogan Pag, 2013

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 transformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.