KAJIAN PEMANFAATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN
Keywords:
deep, learning, pembelajaran, pelatihanAbstract
Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan kesiapan lembaga pelatihan dalam mengimplementasikan deep learning dalam pembelajaran; 2) Untuk mengetahui pemanfaatan Deep learning dalam proses pembelajaran modern pada lembaga pelatihan. Metode penelitian: penelitian kepustakaan dengan cara mengumpulkan berbagai referensi untuk melakukan kajian terhadap pemanfaatan deep learning dalam pembelajaran. Hasil penelitian: 1) Penerapan deep learning membutuhkan: pemahaman konseptual yang kuat; siswa tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga memahami mengapa dan bagaimana suatu konsep bekerja, penerapan dalam berbagai konteks, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kolaborasi dan pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi dan ai dalam pembelajaran, pentingnya pembelajaran seumur hidup (lifelong learning); 2) Ada beberapa cara untuk menerapkan deep learning dalam pembelajaran yaitu pembelajaran yang dipersonalisasi, pengenalan gambar dan video untuk pembelajaran visual; analisis sentimen untuk meningkatkan umpan balik, pengenalan suara untuk pembelajaran bahasa dan keterampilan komunikasi, Chatbots dan asisten virtual untuk pembelajaran daring, deteksi kecurangan dalam ujian atau tugas, sistem penilaian otomatis. Deep learning memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan personalisasi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan seperti kebutuhan infrastruktur dan isu privasi, potensi teknologi ini untuk masa depan pendidikan sangat besar. Rekomendasi: 1) Penelitian lebih lanjut tentang pengaruh Deep learning terhadap motivasi dan hasil belajar; 2) Pengembangan kebijakan privasi data dalam implementasi AI di sekolah; 3) Pelatihan guru untuk adaptasi terhadap teknologi berbasis AI.
References
Anonymous. (2025). Tantangan dan Etika dalam Penggunaan Deep learning di Sekolah Dasar. https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/post/tantangan-dan-etika-dalam-penggunaan-deep-learning-di-sekolah-dasa diunggah 10 April 2025
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university: What the student does (4th ed.). Open University Press
Biggs, J. (1993). From theory to practice: A cognitive systems approach. Higher Education Research and Development, 12(1), 73–85
Coursera. (2023). Deep Learning Specialization by Andrew Ng. Coursera. Retrieved from https://www.coursera.org/specializations/deep-learning
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (). Deep learning. MIT Press. 2016
Hinton, G. (2006) Reducing the dimensionality of data with neural networks, Science Of Journal, Vol. 3 (13)
HolonIQ. (2020). Global EdTech report 2020: The state of global education technology. HolonIQ. Retrieved from https://www.holoniq.com/edtech-2020-report
Indrawati, R., & Syarifudin, A. (2021). Penerapan teknologi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–56
Kenya Swawikanti. (2024). Mengenal Deep learning, Pendekatan Belajar Baru. https://www.ruangguru.com/blog/pendekatan-deep-learning diakses 08 Maret 2025
LinkedIn Learning. (2020). LinkedIn Learning Skills Report: The Most In-Demand Skills of 2020. LinkedIn Learning
Marton, F., & Säljö, R. (1976). On qualitative differences in learning: I—Outcome and process. British Journal of Educational Psychology, 46(1), 4–11
Naf’an, Islami, Gushelmi. (2022) Dasar-Dasar Deep learning dan Contoh Aplikasinya, Solok: Mitra Cendikian Media
Ng, A. (2022). Deep learning and its application in education. Journal of Artificial Intelligence in Education, 38(4), 123-145. https://doi.org/10.1016/j.aiedu.2022.100157
Panatagama, A. (2023) Deep Learning: Perkembangan, Aplikasi, dan Tantangan Terkini. Bandung: Cahaya Ilmiah.
Robert Randall. (2025). Konsep dan Implementasi Deep learning. https://gurudikdas.dikdasmen.go.id/news/konsep-dan-implementasi-deep-learning-oleh-robert-randall. diakses 20 Mei 2025
Santoso, D. (2020). Implementasi teknologi AI dalam pelatihan tenaga kerja industri 4.0 Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta
Siemens, G., & Baker, R. S. J. d. (2012). Learning analytics and educational data mining: Towards communication and collaboration. In Proceedings of the 2nd International Conference on Learning Analytics and Knowledge (LAK’12), ACM.
Statista. (2021). Revenue of the global EdTech market from 2015 to 2025. Statista. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/1082455/global-edtech-market-revenue
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Woolf, B. P. (2009). Building Intelligent Interactive Tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann
Yosua, B. (2009). Learning Deep Architectures for AI. Foundations and Trends® in Machine Learning, Vol. 2 (1), 1-127.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 transformasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.