KAJIAN PEMANFAATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • arman abdullah Kemenag Manado
  • Sudirman Yahya

Keywords:

deep, learning, pembelajaran, pelatihan

Abstract

Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan kesiapan lembaga pelatihan dalam mengimplementasikan deep learning dalam pembelajaran; 2) Untuk mengetahui pemanfaatan Deep learning dalam proses pembelajaran modern pada lembaga pelatihan. Metode penelitian: penelitian kepustakaan dengan cara mengumpulkan berbagai referensi untuk melakukan kajian terhadap pemanfaatan deep learning dalam pembelajaran. Hasil penelitian: 1) Penerapan deep learning membutuhkan: pemahaman konseptual yang kuat; siswa tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga memahami mengapa dan bagaimana suatu konsep bekerja, penerapan dalam berbagai konteks, peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kolaborasi dan pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi dan ai dalam pembelajaran, pentingnya pembelajaran seumur hidup (lifelong learning); 2) Ada beberapa cara untuk menerapkan deep learning dalam pembelajaran yaitu pembelajaran yang dipersonalisasi, pengenalan gambar dan video untuk pembelajaran visual; analisis sentimen untuk meningkatkan umpan balik, pengenalan suara untuk pembelajaran bahasa dan keterampilan komunikasi, Chatbots dan asisten virtual untuk pembelajaran daring, deteksi kecurangan dalam ujian atau tugas, sistem penilaian otomatis. Deep learning memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan personalisasi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan seperti kebutuhan infrastruktur dan isu privasi, potensi teknologi ini untuk masa depan pendidikan sangat besar. Rekomendasi: 1) Penelitian lebih lanjut tentang pengaruh Deep learning terhadap motivasi dan hasil belajar; 2) Pengembangan kebijakan privasi data dalam implementasi AI di sekolah; 3) Pelatihan guru untuk adaptasi terhadap teknologi berbasis AI.

References

Anonymous. (2025). Tantangan dan Etika dalam Penggunaan Deep learning di Sekolah Dasar. https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/post/tantangan-dan-etika-dalam-penggunaan-deep-learning-di-sekolah-dasa diunggah 10 April 2025

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for quality learning at university: What the student does (4th ed.). Open University Press

Biggs, J. (1993). From theory to practice: A cognitive systems approach. Higher Education Research and Development, 12(1), 73–85

Coursera. (2023). Deep Learning Specialization by Andrew Ng. Coursera. Retrieved from https://www.coursera.org/specializations/deep-learning

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (). Deep learning. MIT Press. 2016

Hinton, G. (2006) Reducing the dimensionality of data with neural networks, Science Of Journal, Vol. 3 (13)

HolonIQ. (2020). Global EdTech report 2020: The state of global education technology. HolonIQ. Retrieved from https://www.holoniq.com/edtech-2020-report

Indrawati, R., & Syarifudin, A. (2021). Penerapan teknologi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan dalam pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–56

Kenya Swawikanti. (2024). Mengenal Deep learning, Pendekatan Belajar Baru. https://www.ruangguru.com/blog/pendekatan-deep-learning diakses 08 Maret 2025

LinkedIn Learning. (2020). LinkedIn Learning Skills Report: The Most In-Demand Skills of 2020. LinkedIn Learning

Marton, F., & Säljö, R. (1976). On qualitative differences in learning: I—Outcome and process. British Journal of Educational Psychology, 46(1), 4–11

Naf’an, Islami, Gushelmi. (2022) Dasar-Dasar Deep learning dan Contoh Aplikasinya, Solok: Mitra Cendikian Media

Ng, A. (2022). Deep learning and its application in education. Journal of Artificial Intelligence in Education, 38(4), 123-145. https://doi.org/10.1016/j.aiedu.2022.100157

Panatagama, A. (2023) Deep Learning: Perkembangan, Aplikasi, dan Tantangan Terkini. Bandung: Cahaya Ilmiah.

Robert Randall. (2025). Konsep dan Implementasi Deep learning. https://gurudikdas.dikdasmen.go.id/news/konsep-dan-implementasi-deep-learning-oleh-robert-randall. diakses 20 Mei 2025

Santoso, D. (2020). Implementasi teknologi AI dalam pelatihan tenaga kerja industri 4.0 Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta

Siemens, G., & Baker, R. S. J. d. (2012). Learning analytics and educational data mining: Towards communication and collaboration. In Proceedings of the 2nd International Conference on Learning Analytics and Knowledge (LAK’12), ACM.

Statista. (2021). Revenue of the global EdTech market from 2015 to 2025. Statista. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/1082455/global-edtech-market-revenue

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Woolf, B. P. (2009). Building Intelligent Interactive Tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann

Yosua, B. (2009). Learning Deep Architectures for AI. Foundations and Trends® in Machine Learning, Vol. 2 (1), 1-127.

TRANSFORMASI VOL. 7 NO. 1

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite