RESEPSI FUNGSIONAL DALAM TRADISI KHATMIL QURAN DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG
Keywords:
Resespsi al-Quran, khatmil Quran, Madrasah Aliyah, Petarukan, PemalangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi tradisi khatmil Quran di Madrasah Aliyah Petarukan, Kabupaten Pemalang, dan juga untuk mengidentifikasi bentuk resepsi al-Quran di dalamnya. Penelitian lapangan menggunakan pendekatan Fenomenology. Teknik penggalian data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan teori analisis data berupa teori resepsi al-Quran. Terdapat dua kesimpulan besar penelitian ini. Pertama, strategi implementasi tradisi Khatmil Quran di Madrasah Aliyah (MA) Wahid Hasyim Petarukan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah meliputi tiga tahap (1) Persiapan awal. Pada tahap ini, konsolidasi dilakukan sebagai langkah awal untuk mengenalkan dan mensosialisasikan progam Khatmil Quran. Konsolidasi dilakukan dengan mengundang komite madrasah, yayasan, serta elemen masyarakat. (2) Perencanaan dan pelaksanaaan kegiatan Khatmil Quran meliputi, orientasi kegiatan, materi kegiatan, waktu kegiatan, metode kegiatan, sarana kegiatan, media kegiatan. (3) Langkah-langkah pelaksanaan Khatmil Quran meliputi pengumpulan siswa, pembagian juz, pembacaan al-Quran, doa Khatmil Quran, ceramah oleh guru (ulama), tahlil, penutup. Kedua, terdapat beberapa resepsi fungsional dari tradisi Khatmil Quran (MA) Wahid Hasyim Petarukan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah berupa ketenangan dan ketenteraman hati para siswa, perubahan karakter pada diri siswa, pengobatan penyakit hati. Implikasi teoritik penelitian ini menunjukan nilai-nilai kemukjizatan al-Quran bagi kehidupan umat Islam tidak sekedar bersifat normatif-teologis, melainkan juga bersifat psikologis bahkan sosio-antropologis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.