PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DIDIK DI SMP NEGERI 2 AIRMADIDI
Keywords:
Peranan Guru, Pendidikan agama Islam, Kepribadian AnakAbstract
SMP Negeri 2 Airmadidi, di temukan kepribadian anak didik yang kurang beretika, hal ini terlihat pada kehidupan sehari-hari pada anak didik itu sendiri dimana masih ada anak didik yang kurang sopan mengucapkan kata-kata yang baik dan bermoral. Tujuan Penelitian: 1) Untuk menemukan dan memahami serta menjelaskan tentang peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian pada anak didik; 2) Untuk menemukan dan memahami serta menjelaskan tentang faktor penunjang guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian anak didik; 3) Untuk mengidentifikasi kiatkiat guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kendala pembentukan kepribadian anak didik. Metodologi penelitian: Pendekatan penelitian yaitu kualitatif yang bertujuan mensitesiskan hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Informan penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian: 1) Peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Airmadidi, dilakukan melalui empat (4) kompetensi yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial dan kerja sama dengan semua stakholder yang ada di lingkungan sekolah. 2) Faktor-faktor penunjang pembentukan kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Airmadidi terdiri dari; (a) Faktor internal yaitu yang ada dalam diri seseorang/anak didik untuk dipengaruhi oleh guru dalam pendidikan agama Islam itu sendiri dalam memberikan keteladanan dan bekal pengetahuan, mengarahkan siswa pada perbuatan-perbuatan yang terpuji, serta adanya keinginan siswa itu sendiri untuk melakukan hal-hal yang terbaik. (b) Faktor eksteren yaitu adanya lingkungan tempat tinggal siswa yang menjamin terbentuknya kepribadian siswa kepada akhlak yang terpuji. 3) Kiat-kiat guru dalam mengatasi hambatan pembentukan kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Airmadidi di antaranya; (a) Guru pendidikan agama Islam harus mempunyai kepribadian yang mulia dan dapat menghadapi segala masalah dengan baik. (b) Guru pendidikan agama Islam harus dapat beradaptasi dan melakukan pendekatan persuasif dengan seluruh siswa. (c) Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru harus selalu memberikan pesan - pesan moral kepada siswa berupa nasehat yang dapat menjadikan siswa terhindar dari perbuatan yang tercela yang dapat merugikan dirinya maupun orang lain. Kesimpulannya bahwa guru pendidikan agama Islam mempunyai peran dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Negeri 2 Airmadidi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 transformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.