GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MOTIVASI KINERJA GURU
Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi, Kerja GuruAbstract
Tinggi rendahnya motovasi kerja guru akan terlihat dari kinerja guru itu sendiri. Kinerja guru yang baik akan menjadi sarana tercapainya mutu pendidikan secara optimal. Motivasi kerja guru di MTs Alkhairaat Bintauna tidak lepas dari pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi tempatnya bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana korelasi antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dan budaya organisasi dengan motivasi kerja guru di MTs Alkhairaat Bintauna.
Desain dan Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode corelation. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di MTs Alkhairaat Bintauna berjumlah 25 orang.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh (sensus). Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi produc moment, regresi tunggal, korelasi ganda, korelasi parsial dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja guru, dengan derajat kontribusi sebesar 72,6 %, dimana setiap terjadinya peningkatan gaya kepemimpinan sebesar 1% akan mempengaruhi motivasi kerja guru sebesar 0.615%. Sementara budaya organisasi memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap peningkatan motivasi kerja guru, yaitu sebesar 89.4%. dimana setiap terjadinya peningkatan budaya organisasi sebesar 1% akan mempengaruhi motivasi kerja guru sebesar 0.639%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, semakin baik budaya organisasi tempat kita bekerja, maka akan semakin baik pula motivasi kerja orang-orang yang ada di dalamnya. Maka tugas terpenting dari kepala madrasah adalah bagaimana menciptakan suasana organisasi yang kondusif agar mampu memotivasi orang-orang yang berada di dalamnya untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dengan ikhlas, bahagia dan penuh tanggung jawab.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Guru
The level of teacher work motivation will be seen from the performance of the teacher himself. Good teacher performance will be a means of achieving optimal quality of education. The teacher's work motivation at MTs Alkhairaat Bintauna cannot be separated from the influence of the leadership style of the madrasa head and the organizational culture in which he works. This study aims to examine the extent to which there is a correlation between the leadership style of the madrasa principal and organizational culture with the work motivation of teachers at MTs Alkhairaat Bintauna.
The design and type of this research uses a quantitative approach with the correlation method. The population in this study were all teachers at MTs Alkhairaat Bintauna totaling 25 people. The sampling technique used in this study was saturated sampling (census). The analysis technique used is product moment correlation analysis, single regression, multiple correlation, partial correlation and multiple regression.
The results showed that there was a positive and significant relationship between the leadership style of the madrasa principal and teacher work motivation, with a degree of contribution of 72.6%, where every 1% increase in leadership style would affect teacher work motivation by 0.615%. Meanwhile, organizational culture made a greater contribution to increasing teacher work motivation, which was 89.4%. where every 1% increase in organizational culture will affect teacher work motivation by 0.639%. Thus, it can be concluded that, the better the organizational culture where we work, the better the work motivation of the people in it. So, the most important task of the madrasa head is how to create a conducive organizational atmosphere so that he is able to motivate the people in it to carry out their respective duties and functions sincerely, happily and responsibly.
Keywords: Leadership Style, Organizational Culture, Teacher Work Motivation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 transformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.