LIVING HADIS BUDI PEKERTI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • Irmawati Institut Agama Islam Bhakti Negara (IBN) Tegal, Indonesia

Keywords:

Karakter Anak, Budi Pekerti, Living Hadis

Abstract

Menanamkan nilai-nilai fundamental melalui proses belajar memungkinkan anak untuk paham dan memadukan nilai penting di dalam pribadinya. Anak usia dini menjadi masa yang begitu penting untuk membentuk karakter, sebab anak dapat menyerap berbagai ilmu untuk kemudian diterapkan dalam kegiatan sehari-harinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses hadis dalam pembentukan karakter anak usia dini. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif etnografi mengikuti model Miles dan Huberman melalui proses reduksi data, penyajian data, dan validasi. Sumber data dari catatan wawancara, observasi dan dokumen. Fokus penelitian pada penerapan program hadis 5M untuk membaca (membaca, mendengarkan, meniru, menghafal dan bergerak). Melalui media yang digunakan dalam media audiovisual, guru mengilustrasikan kegiatan yang akan dilakukan dan menampilkan gambar pokok bahasan pembelajaran. Hasil penelitian memperlihatkan adanya penggunaan Living hadis budi pekerti terhadap pembentukan karakter yang diterapkan secara umum diterima dan dihafal oleh anak-anak, dan anak-anak lebih tertarik dengan metode tersebut. Setelah dilaksanakan Living hadis budi pekerti, perilaku anak memperlihatkan adanya perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Pengamatan dapat mengarah pada kesimpulan bahwa anak mampu membedakan antara sikap yang disyariatkan dan diharamkan dalam hadis, yang dapat dilihat dalam aktivitas sehari-hari anak, dan berani mengingatkan orang disekitarnya saat melakukan perbuatan tidak sejalan dengan yang dibacakan hadis. Selain itu melalui penerapan living hadis budi pekerti dapat membentuk karakter anak menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

LIVING HADIS BUDI PEKERTI UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. (2023). Transformasi, 5(1), 137-157. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/289