KECERDASAN PERSONAL SEBAGAI PEMANTIK PENGEMBANGAN INOVASI PADA SISWA KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Keywords:
Intelligence personal, innovation, sekolah,Abstract
Kurangnya kecerdasan personal siswa, yang mencakup aspek emosional, spiritual, dan sosial, mempengaruhi lingkungan sekolah dan rumah, khususnya di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan personal dari perspektif inovasi sebagai dasar pengembangan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus, melibatkan guru dan siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, serta dianalisis dengan reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan personal berperan penting dalam membentuk sikap responsif, empati, gotong royong, dan humanis, serta mendorong munculnya inovasi sosial dan akademis. Implikasi penelitian ini mendukung model pendidikan kolaboratif dan humanis yang berfokus pada pengembangan karakter.
References
Abdullah, M. A. (2020). THE INTERSUBJECTIVE TYPE OF RELIGIOSITY
Theoretical Framework and Methodological Construction for Developing
Human Sciences in a Progressive Muslim Perspective. Al-Jami’ah: Journal
of Islamic Studies, 58(1), 63–102. https://doi.org/10.14421/ajis.2020.581.63-
Abu Bakar Shiddiq. (2020). the Application of « Nemo » Artificial Intelligence in Arabic
Language Learning in the 4.0 Revolution Era At Al- Khalifah Islamic
Boarding School Cibubur. Ijlecr - International Journal of Language
Education and Culture Review, 6(1), 58–61.
https://doi.org/10.21009/ijlecr.061.07
admin. (2018). Pentingnya Mengenal Diri Sendiri. Unisa.
Amran, N. N. (2017). KECERDASAN PERSONAL DUA WANITA. OCTOBER, 3–4.
Ananda, rusdi. A. (2017). INOVASI PENDIDIKAN : (M. Rifai (ed.); pertama).
Arikunto, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teknik Pengumpulan Data Model
Moleong. In Bumi Aksara.
Belda, D., & Wewengkang, P. (2016). Situasi Psikologis Keluarga Dalam Membangun
Empati Pada Remaja. Jurnal Indigenous I, Vol. 1, No, 1–11.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi
Lapangan. In Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Vol. 1, Issue 1). UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf
Fatimah. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan
Intrapersonal Anrak Usia Dinidi Raudhatul Athfal Al-Hafizh Kecamatan
Stabat Kabupaten Langkat. UIN Sumatera utara.
Febransyah, A. (2017). Jitu Berinovasi. HORIZON, Forum Manajemen / Double Issue,
Mei-Agustus 2017, 65.
Hardani, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st
ed., Issue April). CV. PUSTAKA ILMU.
Imam Permana, F. K. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Mengenali Diri Dan
Kemampuan Mengontrol Diri Terhadap Intensi Mencontek.pdf. Jurnal
Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3, 18–26.
Irwansyah, D. (2015). Hubungan Kecerdasan Kinestetik Dan Interpersonal Serta
Intrapersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Mtsn Kuta Baro
Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana
Unsyiah, 3(1), 92–107.
KBBI Online. (2021). https://kbbi.web.id/kecerdasan. In Pusat Bahasa (V)
Kemendikbud.
Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal Dengan Sikap
Multikultural Pada Mahasiswa Malang. Psikologi, III(1), 39–59.
Kemdikbud. (2021). https://kbbi.web.id/inovasi. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Krasny, lauren. (2021). cara menjalani hidup sesuai keinginan anda sendiri. WIKI HOW.
KURNIAWAT, R. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan
Interpersonal Terhadap Karakter Siswa Di Ma Ma’arif Al Ishlah (Issue
November). IAIN Ponorogo.
Maya Savitri, I. (2020). Montessori for Multiple Intelligences (2nd ed.). Bentang Pustaka.
Mishar, R., & Bangun, Y. R. (2014). Create the EQ Modelling Instrument Based on
Goleman and Bar-On Models and Psychological Defense Mechanisms.
Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115(Iicies 2013), 394–406.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.446
Muhammad Kristiawan, dkk. (1981). Inovasi Pendidikan. In Journal of Chemical
Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Muslimin, J. M. (2019). The sociological explanation of Indonesian muslim family
continuity and change. Journal of Indonesian Islam, 13(2), 395–420.
https://doi.org/10.15642/JIIS.2019.13.2.395-420
Rahmatullah, A. S. (2013). Kecerdasan Interpersonal Dalam Al-Quran Dan Urgensinya
Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam. Cendekia, 11.
Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah
dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79.
Schneider, A., Gardner, W. L., Hinojosa, A., & Marin, A. (2014). Emotional responses of
leaders to passive versus active members. Leadership, 10(4), 412–436.
https://doi.org/10.1177/1742715013504424
Setiawan, A. (2019). Implementation of Islamic Education Study Program Learning Based
on Blended Learning in the Industrial Era 4.0 at IAIN Samarinda. Dinamika
Ilmu, 19(2), 305–321. https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1781
Sriyanti, anisah. (2015). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dalam Pembelajaran
Ips Melalui Jurnal Belajar. UPI Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
SUSANTI, E. (2017). Perbandingan Kecakapan Hidup (Life Skill) Antara Siswa Yang
Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Brainstorming Dan Three Steps dengan kecerdasan personal. In
digilib.inisula .ac.id.
Tjahjono, H. K., Masduki, Y., & Santosa, D. (2020). The religiosity and character values
education of multilingual program of madrasah Mu’Allimaat muhammadiyah
yogyakarta Indonesia of industrial revolution era 4.0. Journal of Critical
Reviews, 7(1), 487–492. https://doi.org/10.31838/jcr.07.01.96
Wicaksono, K. W. (2019). Tipologi Inovasi Sektor Publik Pada Tiga Program Inovatif
Pemerintah Daerah Kota Surabaya (Tinjauan Reflektif terhadap Tiga Inovasi
Pelayanan Publik Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2018). Jurnal
Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 196.
https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.19895
Widowati, D. (2005). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan
Berkomunikasi Sekretaris. MODERNISASI, 1, 64–74.
Yogi, S. (2008). INOVASI DI SEKTOR PUBLIK Oleh : Academia Edu, 1–19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 transformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.