IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RAMAH OTAK PADA PENDEKATAN ANDRAGOGI

Authors

  • Arini Aulia Ma'rifah Kementerian Agama

Keywords:

Pembelajaran Ramah Otak, Pendekatan Andragogi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pembelajaran ramah otak pada pendekatan andragogi yang salah satunya dilaksanakan pada lembaga pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pola pikir deduktif yang analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta menarik kesimpulan. Pembelajaran ramah otak merupakan sebuah kemutlakan dalam pendekatan andragogi. Argumentasi ini didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan tidak hanya berorientasi pada aktivitas transfer of knowledge semata tetapi juga mampu meningkatkan kompetensi afektif dan psikomotorik peserta didik sebagai tujuan dari proses pembelajaran sepanjang hayat. Pembelajaran ramah otak mengembangkan 5 sistem pembelajaran primer, yaitu: emosional, sosial, kognitif, fisik, dan reflektif yang dari hal tersebut diharapkan akan membuat pembelajaran lebih efektif dan peserta pelatihan memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih baik.

References

Cooperman, Gail. (2014). Our Brains in Training. Diakses di https://www.meritcd.

com/blog/archives/29-Our-Brains-on-Training.html

Given, Barbara K. (2007). Brain-Based Teaching. Diterjemahkan oleh Lala Herawati

Dharma, Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak

Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik dan Reflektif. Bandung: Kaifa.

H.D., Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Harrington, L. Helen. (1996). “Written Case Analysis and Critical Reflection.” Journal

Teaching and Teacher Education. Vol. 12 No.1 Januari. 25-37.

Jensen, Eric. (2008). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Jogja: Pustaka Pelajar.

Jensen, Eric. (2011). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Paradigma Pengajaran

Baru. Jakarta: Indeks.

Nurhadi, N. (2020). “Transformasi Teori Kognitivisme dalam Belajar Dan Pembelajaran.”

Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, April 2020.

Pahliwandari, Rovi. (2016). “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran

Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5,

No. 2, Desember.

Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sesmiarni, Zulfiani. (2014). Pembelajaran Ramah Otak dalam Implementasi Kurikulum

Cet. I; Bandar Lampung: Aura Publishing.

Shabatat, Kawthar dan Mohammed Al-Tarawneh, (2016). “The Impact of a TeachingLearning Program Based on a Brain-Based Learning on the Achievement of

the Female Students of 9th Grade in Chemistry.” Higher Education Studies;

Vol. 6, No. 2; 2016. ISSN 1925-4741 E-ISSN 1925-475X Published by

Canadian Center of Science and Education

Shaw, P., Greenstein, D., Lerch, I., Clasen, L., Lenroot, R., & Gotay, N. (2006).

“Intellectual Ability And Cortical Development in Children and

Adolescents.” Journal Nature, 440(7084).

Sodiqin. (2017). “Efektivitas Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemampuan Otak Dalam

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Tarbiyatuna

Volume 2 Nomor 2 Juli - Des 2017.

Sprenger, M. (2011). Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta: Erlangga.

Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief, (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif

dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaodih, Nana. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan

Kesuma Karya.

Ward, Hellen. (2007). Using Their Brains in Science. London: A SEGE Publication

Company

Wiguna, Sang Gede Angga et.al. (2016). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas

V,” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4

No: 1 Tahun 2016.

Willis, Judy. (2010). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Riset Otak. Diterjemahkan

oleh Akmal Hadrian. Yogyakarta: Mitra Media.

Winarso, Widodo dan Siti Asri Karimah, (2017), “The Influence Of Implementation BrainFriendly Learning Through The Whole brain Teaching To Students’ Response

And Creative Character In Learning Mathematics” Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol. 50 No. 1 (2017): April 2017

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RAMAH OTAK PADA PENDEKATAN ANDRAGOGI. (2024). Transformasi, 6(2), 98-111. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/314