IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RAMAH OTAK PADA PENDEKATAN ANDRAGOGI
Keywords:
Pembelajaran Ramah Otak, Pendekatan AndragogiAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pembelajaran ramah otak pada pendekatan andragogi yang salah satunya dilaksanakan pada lembaga pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pola pikir deduktif yang analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta menarik kesimpulan. Pembelajaran ramah otak merupakan sebuah kemutlakan dalam pendekatan andragogi. Argumentasi ini didasarkan pada pemahaman bahwa pendidikan tidak hanya berorientasi pada aktivitas transfer of knowledge semata tetapi juga mampu meningkatkan kompetensi afektif dan psikomotorik peserta didik sebagai tujuan dari proses pembelajaran sepanjang hayat. Pembelajaran ramah otak mengembangkan 5 sistem pembelajaran primer, yaitu: emosional, sosial, kognitif, fisik, dan reflektif yang dari hal tersebut diharapkan akan membuat pembelajaran lebih efektif dan peserta pelatihan memiliki motivasi dan minat belajar yang lebih baik.
References
Cooperman, Gail. (2014). Our Brains in Training. Diakses di https://www.meritcd.
com/blog/archives/29-Our-Brains-on-Training.html
Given, Barbara K. (2007). Brain-Based Teaching. Diterjemahkan oleh Lala Herawati
Dharma, Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak
Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetik dan Reflektif. Bandung: Kaifa.
H.D., Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Harrington, L. Helen. (1996). “Written Case Analysis and Critical Reflection.” Journal
Teaching and Teacher Education. Vol. 12 No.1 Januari. 25-37.
Jensen, Eric. (2008). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak. Jogja: Pustaka Pelajar.
Jensen, Eric. (2011). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Paradigma Pengajaran
Baru. Jakarta: Indeks.
Nurhadi, N. (2020). “Transformasi Teori Kognitivisme dalam Belajar Dan Pembelajaran.”
Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, April 2020.
Pahliwandari, Rovi. (2016). “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran
Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 5,
No. 2, Desember.
Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sesmiarni, Zulfiani. (2014). Pembelajaran Ramah Otak dalam Implementasi Kurikulum
Cet. I; Bandar Lampung: Aura Publishing.
Shabatat, Kawthar dan Mohammed Al-Tarawneh, (2016). “The Impact of a TeachingLearning Program Based on a Brain-Based Learning on the Achievement of
the Female Students of 9th Grade in Chemistry.” Higher Education Studies;
Vol. 6, No. 2; 2016. ISSN 1925-4741 E-ISSN 1925-475X Published by
Canadian Center of Science and Education
Shaw, P., Greenstein, D., Lerch, I., Clasen, L., Lenroot, R., & Gotay, N. (2006).
“Intellectual Ability And Cortical Development in Children and
Adolescents.” Journal Nature, 440(7084).
Sodiqin. (2017). “Efektivitas Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemampuan Otak Dalam
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Tarbiyatuna
Volume 2 Nomor 2 Juli - Des 2017.
Sprenger, M. (2011). Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta: Erlangga.
Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief, (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif
dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaodih, Nana. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan
Kesuma Karya.
Ward, Hellen. (2007). Using Their Brains in Science. London: A SEGE Publication
Company
Wiguna, Sang Gede Angga et.al. (2016). “Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas
V,” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4
No: 1 Tahun 2016.
Willis, Judy. (2010). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Riset Otak. Diterjemahkan
oleh Akmal Hadrian. Yogyakarta: Mitra Media.
Winarso, Widodo dan Siti Asri Karimah, (2017), “The Influence Of Implementation BrainFriendly Learning Through The Whole brain Teaching To Students’ Response
And Creative Character In Learning Mathematics” Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol. 50 No. 1 (2017): April 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 transformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.