INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN AL-QUR'AN: PELUANG DAN TANTANGAN DI SDIT HARAPAN BUNDA MANADO

Authors

  • Kamaludin

Keywords:

Integrasi Teknologi, Pengajaran Al-Qur’an, Pendidikan Islam, Pendidikan Berbasis Agama

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teknologi dalam pengajaran Al-Qur'an di SDIT Harapan Bunda Manado, sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu yang secara unik memadukan pembelajaran umum dengan pendidikan agama, khususnya melalui program Tahfidz dan Tahsin. Dalam era transformasi digital, teknologi memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur'an. Namun, di sisi lain, penerapannya juga memunculkan berbagai tantangan yang signifikan, mulai dari keterbatasan infrastruktur hingga kesiapan guru dan siswa.

Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi dampak positif dari penerapan teknologi, seperti peningkatan aksesibilitas, personalisasi pembelajaran, dan peningkatan keterlibatan siswa. Di samping itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi sekolah, termasuk keterbatasan perangkat dan kesiapan sumber daya manusia. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an di Indonesia, serta menawarkan rekomendasi untuk mengatasi kendala yang ada dan memaksimalkan manfaat teknologi dalam pengajaran Al-Qur'an.

References

Ahmadi, A., & Widodo, W. (2019). Pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur'an. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 10(2), 45-56.

Ali, M. (2016). E-learning dalam pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 34-48.

Arifin, Z. (2018). Teknologi pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Islam, 7(2), 120-132.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pedoman implementasi pembelajaran berbasis TIK di sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, W. (2019). Manajemen konflik dan stres dalam organisasi. Bandung: Alfabeta. Indrajit, R. E., & Djokopranoto, R. (2016). E-Learning: Konsep dan aplikasinya. Jakarta:

Andi.

Kadir, A., & Sutopo, M. (2017). Analisis peran teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 155-167.

Mulyani, S. (2020). Teknologi interaktif dalam pembelajaran Al-Qur'an: Studi kasus di sekolah dasar Islam terpadu. Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 214-229.

Purwanto, A. (2014). Implementasi teknologi informasi di sekolah dasar: Studi kasus di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(2), 115-127.

Raharjo, T. (2019). Efektivitas penggunaan e-learning di sekolah menengah: Studi di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 210-225.

SDIT Harapan Bunda Manado. (2024). Beranda. Diakses dari https://harbunmanado.com/

Setiawan, H., & Firmansyah, T. (2020). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran agama di sekolah Islam: Tantangan dan strategi. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 13(1), 98-109.

Supriyadi, T. (2018). Penerapan teknologi dalam pendidikan di Indonesia: Tantangan dan peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 45-58.

Surya, M. (2020). Pengaruh teknologi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(4), 98-110.

Suyanto, W., & Mulyono, A. (2019). Implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 145- 156.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiyastuti, M. (2015). Dinamika kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah efektif di SD Kanisius Kadiroji, Sengkan Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1).

Widiyoko, E. P. (2012). Penelitian teknik pengumpulan instrumen. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, A. M. (2017). Strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Jakarta: Kencana.

Zakaria, M. A., & Hasan, N. (2021). Penggunaan aplikasi Al-Qur'an digital dalam pendidikan: Kajian di sekolah Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 14(2), 102-115.

Zulkifli, H., & Firdaus, I. (2019). Integrasi teknologi dalam pengajaran agama di sekolah: Studi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 56-70.

Abdullah, I. (2020). Teknologi informasi dalam pendidikan agama di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 12(3), 205-219.

Kurniawan, R., & Sholikhah, U. (2020). Pengaruh penggunaan e-learning berbasis Al- Qur'an dalam meningkatkan hafalan siswa. Jurnal Pendidikan Islam Terpadu, 13(2), 110-123.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PENGAJARAN AL-QUR’AN: PELUANG DAN TANTANGAN DI SDIT HARAPAN BUNDA MANADO. (2024). Transformasi, 6(2), 26-44. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/317