ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM PELATIHAN DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MANADO

Authors

  • Esther Loupatty Balai Diklat Keagamaan Manado

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Digital, Pelatihan, Etika AI, BDK Manado

Abstract

Perkembangan pesat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan dan pelatihan, termasuk di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado. Berbagai aplikasi AI seperti ChatGPT, QuillBot, Grammarly, Microsoft Copilot, hingga pembuat presentasi otomatis seperti Gamma dan Canva AI, kini banyak dimanfaatkan peserta pelatihan untuk menyusun makalah, membuat bahan presentasi, dan menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak perkembangan AI terhadap proses pembelajaran dalam pelatihan di BDK Manado, dengan menyoroti potensi positif sekaligus tantangan etis dan pedagogis yang muncul. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI mampu meningkatkan efisiensi belajar peserta, mempercepat penyusunan materi ajar, serta membantu personalisasi konten pelatihan. Namun demikian, ditemukan pula gejala penyalahgunaan teknologi, seperti pembuatan tugas secara instan tanpa pemahaman tentang konsep dasar materi, serta ketergantungan pada AI dalam menyusun presentasi yang berdampak pada lemahnya penguasaan materi peserta. Studi ini merekomendasikan perlunya literasi digital yang berbasis etika, penyusunan pedoman internal penggunaan AI dalam pelatihan, serta peran aktif tenaga pengajar atau widyaiswara dalam mengarahkan penggunaan AI untuk mendukung proses pembelajaran yang bermakna dan bertanggung jawab.

References

Adams, R. (2022). Etika dan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan. Terj. oleh M. Siregar. Jakarta: Rajawali Pers. Ahmad, S., & Mulyono, H. (2021). Kecerdasan buatan dalam pendidikan: Manfaat dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 123–134. Bailey, A. (2023). ChatGPT di Kelas: Risiko, Manfaat, dan Tanggung Jawab. Jakarta: Prenada Media. Bates, T. (2019). Pengajaran di Era Digital: Panduan Mendesain Pembelajaran Abad ke-21. Bandung: CV Alfabeta. Boud, D., & Falchikov, N. (2007). Menata Ulang Penilaian dalam Pendidikan Tinggi: Belajar untuk Jangka Panjang. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2017). Mesin, Platform, dan Kerumunan: Masa Depan Digital Kita. Terj. oleh A. Nugroho. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Chen, L., & Chen, Y. (2021). Dampak asisten penulisan berbasis AI terhadap pembelajaran mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 33(1), 21–35. Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Jakarta: Prenadamedia Group. Fitria, T. N. (2023). AI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Antara Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 22–34. Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Kecerdasan Buatan: Definisi dan Implikasi dalam Pendidikan. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 5(1), 15–25. Kukulska-Hulme, A. (2020). Apakah Pembelajaran Mobile Akan Mengubah Cara Belajar? ReCALL Indonesia, 32(2), 162–180. Luckin, R. (2018). Kecerdasan Mesin dan Kecerdasan Manusia: Masa Depan Pendidikan Abad 21. Jakarta: Prenadamedia. Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2021). Peran AI dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 26, 6929–6951. Rahmawati, D., & Nuraini, I. (2022). Etika Penggunaan Teknologi AI dalam Pendidikan Tinggi: Studi Reflektif. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(3), 189–198. Riyanto, Y. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi untuk Guru dan Dosen dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Prenada Media. Selwyn, N. (2019). Haruskah Robot Menggantikan Guru? AI dan Masa Depan Pendidikan. Terj. oleh R. R. Putri. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.Teguh, F. A. (2023). AI dalam Dunia Pendidikan: Potensi, Dilema, dan Jalan Tengah. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/ UNESCO. (2021). AI dan Pendidikan: Panduan bagi Pembuat Kebijakan. Jakarta: Kantor Perwakilan UNESCO Indonesia. Wulandari, S. (2022). Integrasi AI dalam Pendidikan Keagamaan: Peluang dan Tantangan. Jurnal

Transformasi Vol. 7

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM PELATIHAN DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MANADO. (2025). Transformasi, 7(1), 119-131. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/330