METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KASUS : KELAS IX DI MTS YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TOROH, KAB. GROBOGOGAN)
Keywords:
Metode resitasi, ilm tajwid, Qur’an-HadisAbstract
Fenomena minimnya angka kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada tingkat Madrasah Tsanawiyah mendorong para guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwid. Peneltian ini berupaya untk mengeksplorasi implementasi metode resitasi pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Yayasan Pendidikan Islam Toroh Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tiga kesimpulan besar. Pertama, penerapan metode resitasi dalam proses pembelajaran Qur’an Hadits melalui beberapa tahap, antara lain, penjelasan materi pembelajaran, penampilan beberapa potongan ayat, klasifikasi ayat berdasarkan ketentuan kaidah ilmu tajwid dan evalusi hasil pembelajaran. Kedua, prestasi hasil belajar siswa setelah menerapkan metode resitasi mengalami peningkatan dibandingkan dengan metode sebelumnya. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode resitasi. Faktor pendukung dan penghambat dari pribadi siswa sendiri. Sementara itu, faktor eksternal terkait media dan durasi waktu pembeljaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.