METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KASUS : KELAS IX DI MTS YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TOROH, KAB. GROBOGOGAN)

Authors

  • Ahmad Fauzi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wahyu Tullah Nur Hidayahningrum Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang
  • Syefia Hikmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Nurul Abidah Lailiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Metode resitasi, ilm tajwid, Qur’an-Hadis

Abstract

Fenomena minimnya angka kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada tingkat Madrasah Tsanawiyah mendorong para guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif  dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwid. Peneltian ini berupaya untk mengeksplorasi implementasi metode resitasi pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Yayasan Pendidikan Islam Toroh Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tiga kesimpulan besar.   Pertama, penerapan metode resitasi dalam proses pembelajaran Qur’an Hadits melalui beberapa tahap, antara lain, penjelasan materi pembelajaran, penampilan beberapa potongan ayat, klasifikasi ayat berdasarkan ketentuan kaidah ilmu tajwid dan evalusi hasil pembelajaran. Kedua, prestasi hasil belajar siswa setelah menerapkan metode resitasi mengalami peningkatan dibandingkan dengan metode sebelumnya. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode resitasi. Faktor pendukung dan penghambat dari pribadi siswa sendiri. Sementara itu, faktor eksternal terkait media dan durasi waktu pembeljaran.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KASUS : KELAS IX DI MTS YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM TOROH, KAB. GROBOGOGAN). (2021). Transformasi, 3(2), 36-55. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/49