EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING : STUDI KASUS PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS DI MASA COVID 19 PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MANADO

Authors

  • Arman Razak Balai Diklat Keagamaan Manado

Keywords:

Efektivitas, blended, learning, pelatihan, kepemimpinan, pengawas

Abstract

Tujuan  penelitian  yaitu  untuk  menganalisis  efektivitas  pelaksanaan  pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado. Hasil penelitian: 1) Context pelatihan kepemimpinan pengawas, yaitu aspek kebutuhan Pelatihan yang belum terpenuhi nilai rata-rata 82,5, aspek kemampuan tujuan pengembangan yang belum tercapai rata-rata 87, aspek tujuan yang telah dicapai nilai rata- rata 81. Dengan melihat hasil tersebut dapat dimaknai aspek kemampuan tujuan pengembangan yang belum tercapai dengan nilai rata-rata 87 dan yang paling rendah tujuan yang telah dicapai nilai rata-rata 81. 2) Input (masukan) pelatihan pelatihan kepemimpinan pengawas, yaitu: aspek Kesesuaian kompetensi dengan bidang yang diajarkan 93,   aspek Ketersediaan kurikulum 96, aspek erangkat pembelajaran Diklat 86. aspek Pedoman penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan 90 dan aspek Sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan 82. Dengan melihat hasil tersebut dapat dimaknai aspek Ketersediaan kurikulum nilai rata – rata 96 dan yang paling rendah aspek Sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan rata  – rata 82. 3) Proccess (proses)  Pelatihan Kepemimpinan  Pengawas,  yaitu:  aspek  penguasaan  materi  nilai  90, (b) Kemampuan Widyaiswara mengelola kelas online 86,5, (c) Kemampuan Widyaiswara membuat media pembelajaran yang menarik 82, (d) Kemampuan Widyaiswara menyajikan materi 87, (e) Kemampuan Widyaiswara menggunakan alat bantu 85 dan (f) kemampuan peserta mengikuti kelas online 85. Dengan melihat hasil tersebut dapat dimaknai Dengan melihat hasil tersebut dapat dimaknai aspek Ketersediaan kurikulum nilai rata – rata 90 dan yang paling rendah aspek Kemampuan Widyaiswara menggunakan alat bantu dan kemampuan peserta mengikuti kelas online rata – rata 85. 4) Product (hasil) aspek Persepsi atasan langsung peserta PKP nilai 94, Pesersepsi teman sejawat peserta PKP nilai 92,5, dan aspek Pesersepsi  bawahan terhadap peserta PKP nilai 96. Dengan melihat hasil tersebut dapat dimaknai aspek Pesersepsi bawahan terhadap peserta PKP nilai rata – rata 96 dan Pesersepsi teman sejawat peserta PKP nilai rata – rata 92,5.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING : STUDI KASUS PELATIHAN KEPEMIMPINAN PENGAWAS DI MASA COVID 19 PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MANADO. (2021). Transformasi, 3(2), 148-187. https://transformasi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/54